Konsep Jarak Dalam Pertarungan Stick Fighting

Monday, September 22, 2008

Konsep Jarak Dalam Pertarungan Stick Fighting

Dimana jarak ideal untuk memaksimalkan striking dalam FMA Stick Fighting? Largo? Medio? Corto? Tentunya jawaban adalah jarak Medio, tetapi dalam hukum aksi-reaksi yang terjadi terjadi adalah, praktisi dg leluasa bisa menjangkau bagian sasaran terbanyak dari ujung kepala sampai lutut lawan, sebaliknya lawan pun bisa melakukan hal yang sama.

Hal yang harusnya dicapai adalah memanfaatkan posisi2 yang paling aman kemudian transisi dan masuk area level Medio. Kondisi yang ekstrem adalah kondisi yang aman:
1. Jauh diluar jangkauan senjata lawan >> Pre Largo (sebelum Largo)
2. Masuk dalam jantung pertahanan lawan dalam posisi "Clinch" >> Post Corto (sesudah Corto)
Dasar pemikiran ini adalah dari Hirarki Jarak dalam pertarungan yang terjadi dari: Largo >> Medio >> Corto

Jarak Largo adalah transisi menuju Medio, dalam jarak ini praktisi harus bisa manipulasi lawan dg memanfaatkan "defanging the snake", yaitu dg tangan pemegang senjata sebagai sasaran serang, Ini adalah konsep Largo-Mano: Targeting an Armed Opponent, dan disini ada footwork liniear Ritirada, yaitu praktisi akan selalu mempertahankan jarak secara ideal dalam jarak Largo, disini semua teknik double stick bisa dipakai: spt Ocho2 (Figure 8), Amara 3 Count (De Kadena), Sinawali Patern dll.

Jarak kedua adalah Medio, "untuk bisa menyelesaikan pertarungan dg sukses, bagian vital dari lawan harus menerima strikes", artinya praktisi harus bisa masuk dalam jarak Medio. Tetapi sebaliknya lawan pun bisa leluasa bisa menjangkau bagian sasaran terbanyak dari ujung kepala sampai lutut! Apa yang harus dilakukan? dalam CDP jarak ini adalah disebut sebagai Media-Largo: Medium Long Range, disini ada manipulasi2 "trap" dalam transisi jarak Largo ke jarak Medio dan sebaliknya, Konsep Media-Largo adalah Konsep Sumbrada: Attack >> Block + Counter >> Block + Re-Counter >> Block + Counter >> Block + Re-Counter >> Sampe Finish (salah satu kalah)

Jarak ketiga adalah jarak Corto, Kondisi yang ekstrem adalah kondisi yang aman masuk dalam jantung pertahanan lawan, dimana lawan akan kesulitan dalam menyerang, yaitu keadaan "Clinch", clinch adalah satu transisi dari posisi aman ke posisi menyerang pada jarak Corto, Dalam CDP ada salah satu konsep yang disebut Corto-Kurbada: Close Range Curved Strikes, ini adalah ciri khas CDP yang di buat oleh GM Cacoy Canete, Disini adalah memanfaatkan Abanico, Planchada dan ada satu desain striking2 yang bisa dilakukan secara stimultant yaitu disebut sebagai Abecedario 12 Pattern Attack. (HC)

0 comments:

Post a Comment