Penamaan Stick Dalam Arnis Eskrima

Saturday, July 17, 2010

Penamaan Stick Dalam Arnis Eskrima

mohon maaf karena udah lama ga update....
untuk saat ini kebetulan saya punya secuil tulisan yang bisa dibagi....

tabek

-------------------------------------------------------------------------

di eskrima ada populer dg sebutan olisi, tongkat panjang ± 70cm, dan hampir semua eskrimador, arnisador ataupun kalista memakai istilah ini. terutama yang udah diajarkan oleh orang barat... ga jelas itu mau pake stick dari kayu atau dari rotan...

ternyata kalau udah bilang olisi itu harus rotan...

khusus untuk rotan ternyata orang pilipino mempunyai sebutan tersendiri secara diameter, yaitu palasan, limuran, tumalim, olisi, sika... kebetulan olisi ya yang sebutan untuk rotan bulat yang diameternya sebesar 2-3 cm. (diameter paling besar palasan yaitu yang biasa dibuat kursi, kalau disini disebut papasan)

selidik punya selidik lagi, olisi itu kata berasal dari bahasa lumad (sebutan suku di mindanau region), yaitu "hulisi" dimana artinya adalah mengeluarkan kotoran dari jeroan (baca usus), dan memang mereka memakai rotan untuk itu, jadi kalau menyebut rotan dg ukuran yang pas untuk keperluan masak memasak (wow banyangin ajah deh lagi menikmati soto jerohan) tersebut mereka memakai kata hulisi...

baston, nah ini secara umum, secara general tanpa melihat bahan.... all stick bisa disebut dg sebutan ini, tetapi ada yang bilang juga kalao baston itu adalah tongkat untuk bantu jalan orang tua yang di kasih lengkungan (seperti huruf "J").

kamagong, kamagong itu nama pohon/kayu di pilipino sejenis kayu besi...
jadi kalau ada yang bilang tongkat eskrima/arnis yang keras dg sebutan kamagong itu salah kaprah, kalao urang pilipino nyebut kamagong itu bahannya harus dari kayu besi.

ada lagi "bahi", bahi itu nama kayu kelapa di pilipino, dan orang pilipino membuat bahi dg mengambil bagian yang paling keras yaitu bagian terdalam semakin dekat kulit luar akan semakin rapuh, so sama juga kalau udah nyebut bahi, ya harus dari kayu kelapa.

terakhir adalah garotte, ini untuk sebutan buat tongkat yang pipih seperti pedang, nah garote sendiri adalah sebuah alat yang dipake spanyol untuk menghukum orang, khusus yang ini saya masih belum menemukan korelasi, kenapa tongkat pipih itu disebut garotte, atau kalao orang sudah didudukkan di alat hukuman itu yang lainnya memukuli dg tongkat pipih? auk ahh masih gelap.... (HC)

0 comments:

Post a Comment