Overtraining

Sunday, February 3, 2013

Overtraining


Overtraining merupakan kondisi dimana tubuh mengalami akumulasi stress akibat terlalu keras berlatih melebihi kemampuannya. Tubuh kemudian justru mengalami penurunan setelah melakukan olahraga atau latihan berat dalam jangka panjang.

Istilah lain dari overtraining adalah under-recovering, yang artinya sama, yaitu tidak memiliki waktu dan nutrisi yang cukup untuk pulih dari latihan.Olahraga dikatakan berlebihan jika kita melakukannya setiap hari dalam waktu lama, tanpa istirahat, atau jika satu sesi olahraga dilakukan lebih dari 60 menit tanpa berhenti, dengan intensitas yang tinggi.
Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa kondisi overtraining merupakan kondisi di mana tubuh kurang istirahat untuk melakukan proses pemulihan setelah latihan.
Untuk menghindari overtraining ini, sebelumnya Anda pun perlu mengenali tanda-tandanya berikut ini :


  • Kemampuan berlatih yang justru menurun. Tubuh tidak punya cukup waktu untuk memulihkan diri ketika Anda berlatih terlalu sering dan terlalu keras.
  • Perubahan psikologis seperti mudah emosi, tersinggung, depresi, dan kurang konsentrasi merupakan gejala overtraining yang mudah dideteksi.
  • Penurunan selera makan, mudah letih, insomnia, badan terasa lebih ringkih, dan sakit kepala juga merupakan gejala bahwa Anda terlalu berlebihan saat berolahraga atau latihan berat.
  • Peningkatan detak jantung meski Anda dalam keadaan istirahat juga menjadi salah satu tanda yang harus diwaspadai karena overtraining.
  • Ketidakseimbangan pada hasil tes darah, misalnya terlihat saat Anda cedera dan sulit disembuhkan serta rasa nyeri yang tidak normal. Hal ini disebabkan karena kadar besi dalam darah, kadar kalsium dan fosfor, asam urat, cairan elektrolit, nitrogen dalam urin, serta kolesterol dan trigliserida menjadi tidak seimbang akibat overtraining.
  • Overtraining dapat meningkatkan produksi hormone kortisoldan menurunkan hormone testosterone yang selanjutnya menyebabkan penyusutan massa otot sehingga otot melemah atau mengkerut (muscle wasting).

Intinya adalah jangan memaksakan tubuh Anda untuk berolahraga atau latihan terlalu berat. Pastikan waktu istirahat dan asupan makanan Anda juga seimbang. Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi ingatlah sesuatu yang berlebihan pasti berujung negatif seperti overtraining ini. (pfa)

0 comments:

Post a Comment