McDojo

Sunday, February 24, 2008

McDojo

Pernah dengar? orang-orang sering bilang istilah ini tapi apa artinya ya? Yang jelas bukan gambar yang lezat disamping ini...

coba kita liat di urbandictionary.com:

A martial arts studio that basically spits out belts to hold the attention of its students so they can suck the money out of them.

A McDojo is when Johnny took martial arts for 5 months and got his yellow belt. Chris took martial arts for 4 weeks and got his yellow belt while being sloppy and unprepared.

Nah lo, hati-hati dengan McDojo! terkadang, sebuah dojo Karate, Silat, BJJ, etc. you name it ngiming-imingi kenaikan sabuk secara instan dengan bayaran alias 'uang pelicin' kalo dalam dunia persilatan (wae).

Belakangan banyak sekali McDojo-McDojo yang bermunculan, bahkan saya menjadi saksi mata sendiri. Bagaimana sebuah Perguruan Silat, ga enak disebut namanya, hanya dengan modal memotret seorang pendekar silat dia membuka dojo.

Wow, ini sangat menjatuhkan aliran beladiri bersangkutan, dan ini sering terjadi di kehidupan sehari-hari, dimana banyak guru2 palsu membuka dojo Karate, TKD, Kempo, etc dan menjanjikan kenaikan sabuk yang cepat. Padahal, terkadang sabuk bukanlah segalanya dalam MA, bang Bruce Lee pernah bilang satu-satunya kegunaan sabuk ialah mencegah celana melorot.

Memang sih dojo-dojo yang memang memegang prinsip mereka, tidak dengan mudah mengumbar sabuk. Hanya saja ulah oknum-oknum tertentu bisa menjatuhkan lairan beladiri tertentu dan dianggap McDojo...biasanya sih aliran beladiri yang udah kondang!

Jadi, hati-hati dengan McDojo, lihat latihannya, apakah sang guru melatih dengan serius? apakah kriteria naik tingkatnya mudah? ataukah ada 'jalan pintas'? Semua kembali pada diri kita masing-masing.

0 comments:

Post a Comment