Media Informasi Pencak Silat: Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Thursday, September 6, 2012

Media Informasi Pencak Silat: Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Media Informasi Pencak Silat: Bang Husin Jawara Golok Seliwa

Profil Guru Silat | Bang Husin | Golok Seliwa | Silat Betawi



Bagi para praktisi dan pemerhati Silat Betawi, umumnya pasti mengenal sosok yang satu ini, BANG HUSIN, jawara, guru besar dan pewaris satu-satunya maenan betawi yang berciri khas keahlian memainkan golok. Goloknya tidak sembarang golok, tapi golok yang ukurannya disesuaikan dengan pemakai. Ukuran standarnya adalah sepanjang lengan bawah  pemakai ditambah 3 jari.

Husin bin Husni, itulah nama beliau, ada yang memanggil Bang Husin, ada juga yang menyebut Babe Husin. Dibalik kehaliannya memainkan golok dengan kecepatan yang sulit diikuti mata, Bang Husin adalah sosok yang ramah, humoris dan cukup gaul.


Sebagai putra Betawi, dan anak dari seorang jawara, tentu saja Bang Husin juga kudu belajar maenan. Bapak nya bernama Husni bin Muhammad. Husni Bin Muhammad adalah anak dari suami istri asli medan yang meninggal dunia sewaktu beliau masih bayi, tidak diketahui siapa nama kedua orang tuanya. Husni kecil kemudian diambil anak oleh pasangan asli betawi yaitu Muhammad, setelah Muhammad meninggal dunia, Husni diasuh oleh seorang jawara betawi yaitu Kong Ajid. Tidak diketahui apakah Bapak Husni mendapatkan maenan golok seliwa dari Kong Ajid atau dari orang lain. Berdasarkan cerita Bang Husin ke saya, Bapaknya tidak pernah mau bercerita dari mana asal muasal maenan Golok seliwa ini.

----

0 comments:

Post a Comment