10 Kriteria Blog yang Paling Disukai IdBlogNetwork (IBN)

Thursday, April 5, 2012

10 Kriteria Blog yang Paling Disukai IdBlogNetwork (IBN)

http://www.techinasia.com/techinasia/wp-content/uploads/2011/09/idblognetwork.jpg

Menggelikan - Semua blogger Indonesia pasti mengetahui IdBlogNetwork atau IBN. Sejak launching Agustus 2010 IdBlogNetwork mendapat sambutan yang hebat dari blogger maupun advertiser. Konsep yang ditawarkan IdBlogNetwork kepada blogger adalah komisi yang sangatlah pantas, sedangkan untuk advertiser IdBlogNetwork menawarkan kualitas dan keanekaragaman publisher.

Setelah gabung di IdBlogNetwork sobat blogger pasti bertanya, mana iklannya? kok saya tidak kebagian? gimana sih cara agar blog saya dapat iklan dari IdBlogNetwork?

Ok, saya akan membeberkan 10 kriteria blog yang paling disukai IdBlogNetwork. Karena walaupun sudah terdaftar di IdBlogNetwork tetap saja sulit untuk mendapatkan iklan. Oleh karena itu mari kita lihat kriteria blog yang paling disukai IdBlognetwork.

1. IdBlogNetwork Suka Blog yang Punya Trafik Gede
Tahukan maksud saya, IBN menyukai blog yang memiliki trafik gede. Jika blog kalian masih rendah trafiknya, kemungkinan besar blog sobat akan sulit mendapatkan jatah iklan PPC apalagi job review.

2. IdBlogNetwork Menyukai konten yang Original
Ternyata tidak hanya google saja yang menyukai konten original, IBN pun demikian. Di IdBlogNetwork copy paste artikel sangat tidak dianjurkan (meskipun bloleh). Buktinya, mereka yang memiliki tulisan original lebih sering mendapatkan jatah iklan.

3. IdBlogNetwork Anti Blog Porn/Dewasa dan Sara
Hati-hati deh sama yang satu ini, aturan yang ini kalau diabaikan bakalan fatal. Sudah ada beberapa member IBN yang dikeluarkan (banned) gara-gara hal ini. Jadi jangan sekali-kali mengkombinasikan konten dewasa dengan IBN atau IBN akan segera mengeksekusi.

4. IdBlogNetwork lebih menyukai “Blogger Nusantara”
Maksud “Blogger Nusantara” bukan blog yang ada di Indonesia loh, maksudnya adalah mereka yang tergabung di BloggerNusantara. Tahun lalu kodpar “Aku Blogger Nusantara” diselenggarakan oleh IBN dan disponsori beberapa perusahaan lokal.

5. IdBlogNetwork Suka Tulisan yang Unik
Loh bukannya original sama unik itu sama? kalo menurut saya beda, original bisa berarti menulis tulisan hasil sendiri. Kalau unik berarti beda dengan kebanyakan dan punya ciri khas, nah blog yang memiliki ciri tulisan tertentu/khas itulah yang disukai IBN.

6. IdBlogNetwork Suka Blog yang Update
Ini juga salah satu alasan kenapa blog kita tidak mendapatkan iklan, bisa jadi kita tidak meng-update blog kita. Blog yang update lebih disukai oleh IBN dibandingkan dengan blog yang jarang update. “kayaknya blog yang update lebih menarik.”

7. IdBlogNetwork Suka Blog yang Rapih
Kenapa demikian? saya juga kurang tahu. Tapi, setelah saya amati beberapa member yang tergabung di IBN, mereka yang blognya rapih relatif lebih konsisten mendapatkan PPC dibandingkan blog yang asal-asalan. Tetapi saya setuju, blog yang rapih memang seharusnya lebih diperhatikan.

8. Umur Blog Ternyata Diperhatikan Juga!
Bikin blog, nuslis, lalu daftar IBN. Aduh, kalo caranya begitu sulit deh diterima IBN, kalaupun diterima mungkin jatah PPC nya pun gak kebagian. Untuk blog yang baru, sebaiknya jangan fokus dulu main “matre-matrean”. Kalo boleh saran, blog yang baru fokusnya ke ngisi konten dan ngisi trafik dulu deh.

9. Semakin Baik Rangking Blog, Semakin Disukai IBN
Nah, ternyata diam-diam IBN juga merhatinn rangking, baik itu alexa rank ataupun google page rank. Untuk Alexa rank, blog yang memiliki rangking dibawah 500k kesempatan dapat jatah PPC atau Job Review semakin besar. Sedangkan Google PR, sebaiknya PR 2 keatas.

10. IBN Ternyata Suka Blog WordPress
Bukan blog yang memakai subdomain .wordpress yah maksudnya, tetapi blog yang memakai CMS wordpress. Jika saya perhatikan kebanyakan member IBN yang sudah dapat job review dan PPC adalah mereka yang memakai WP. Mungkin juga IBN lebih suka dengan domain mandirinya.

Semua list diatas adalah murni pengamatan dari saya, saya tidak mewawancarai IBN. So, jika ada yang salah mohom maaf saja. Jadi gimana menurut rekan blogger? apa sudah memiliki kriteria diatas? kalau sudah saya percaya blog sobat pasti akan mudah dapat jatah iklan.

Tapi jika sudah memenuhi kriteria diatas namun tetap saja belum mendapatkan iklan, bisa jadi bukan blog sobat yang bermasalah melainkan IdBlogNetwork yang sepi Advertiser. 

Happy bloging :)

referensi: forum.idblognetwork.com

0 comments:

Post a Comment