10 Foto yang Menarik Perhatian Dunia

Friday, October 12, 2012

10 Foto yang Menarik Perhatian Dunia

Sebuah foto atau gambar akan lebih efektif dan menarik jika dapat menyampaikan sesuatu kepada masyarakat. Sejak lama, orang-orang berpendapat bahwa sebuah gambar khas memiliki nilai seribu kata. Foto-foto adalah sumber daya yang menceritakan cerita dominan, sebuah kisah emosional yang dapat merevolusi dunia dan menarik perhatian kita semua. Berikut ini 10 Foto yang Menarik Perhatian Dunia

10. Pengungsi Kosovo (Karya Carol Guzy)

Pengungsi Kosovo (Karya Carol Guzy)

Carol Guzy, wanita pertama yang menerima hadiah pulitzer untuk kategori news photography, menerima pulitzer terbaru pada tahun 2000 untuk sentuhan foto-foto para pengungsi kosovo. Gambar diatas menggambarkan agim shala, anak dua tahun, yang melewati pagar dibuat dengan kawat berduri untuk keluarganya. Ribuan pengungsi kosovo berkumpul kembali dan berkemah di kukes, albania.

9. War Underfoot (Karya Carolyn Cole)

War Underfoot (Karya Carolyn Cole)

Los Angeles times, fotografer carolyn cole mengambil foto mengerikan ini selama bertugas di liberia. Ini menunjukkan efek menghancurkan dari perang saudara liberia. Selongsong peluru seluruhnya menutupi jalan di monrovia. Ibukota liberia adalah wilayah terkena dampak paling parah, karena itu adalah tempat pertempuran berat antara tentara pemerintah dan pasukan pemberontak.

8. Pembunuhan Massal di Thailand (Karya Neil Ulevich)

Pembunuhan Massal di Thailand (Karya Neil Ulevich)

Pembantaian universitas thammasat terjadi pada tanggal 6 oktober 1976. Ini adalah serangan kekerasan pada siswa yang berdemonstrasi menentang field marshall thanom kittikachorn. F.M.T kittikachorn adalah seorang diktator yang berencana kembali ke thailand. Kembalinya diktator militer dari pengasingan memicu protes sangat keras. Demonstran dan mahasiswa dipukuli, dimutilasi, ditembak, digantung dan dibakar sampai mati.

7. After The Storm (Karya Patrick Farrell)

After The Storm (Karya Patrick Farrell)

Miami herald fotografer, patrick farrell menangkap gambar mengerikan dari korban haiti tahun 2008. Farrell mendokumentasikan tragedi haiti dengan mengesankan hitam-putih . Subjek "after the storm" adalah seorang anak yang mencoba untuk menyimpan kereta dorong setelah badai tropis hanna melanda haiti.

6. The Power of One (Karya Oded Balilty)

The Power of One (Karya Oded Balilty)

Pada tahun 2006, pemerintah israel memerintahkan evakuasi pos-pos ilegal, seperti amona. Balilty oded, seorang fotografer israel untuk associated press, hadir ketika evakuasi berubah menjadi bentrokan kekerasan dan belum pernah terjadi sebelumnya antara pemukim dan polisi. Gambar menunjukkan perempuan pemberani memberontak melawan otoritas.

5. World Trade Center 9/11 (Karya Steve Ludlum)

World Trade Center 9/11 (Karya Steve Ludlum)

Kekuatan foto steve ludlum sangat mencengangkan, dan deskripsi ditulis hanya cenderung untuk mencairkan dampak. Konsekuensi dari kedua pesawat menabrak wtc new york yang menghancurkan: Bola api meletus dan asap mengepul dari gedung pencakar langit mengantisipasi runtuhnya menara dan awan debu mengerikan.

4. After The Tsunami (Karya Arko Datta)

After The Tsunami (Karya Arko Datta)

Salah satu foto yang paling representatif dan mencolok setelah tsunami samudra hindia diambil oleh fotografer reuters arko datta di tamil nadu. Ia memenangkan kompetisi world press photo tahun 2004.

Kathy ryan, anggota juri dan editor gambar dari the new york times magazine, ditandai datta citra sebagai "gambar grafis, sejarah dan starkly emosional."

"After The Tsunami" menggambarkan seorang wanita india berbaring di pasir dengan tangan terulur, berkabung anggota keluarganya yang mati. Kerabatnya dibunuh oleh salah satu bencana alam paling mematikan yang pernah kita lihat: Tsunami samudera hindia.

3. Bhopal Gas Tragedy 1984 (Karya Pablo Bartholomew)

Bhopal Gas Tragedy 1984 (Karya Pablo Bartholomew)

Pablo bartholomew adalah wartawan foto terkenal india yang menangkap tragedi bhopal gas ke dalam lensa nya. Dua puluh enam tahun telah berlalu sejak bencana industri terburuk india terluka 558.125 orang dan membunuh sebanyak 15.000.

Karena standar keselamatan dan prosedur perawatan telah diabaikan di union carbide india limited (ucil) tanaman pestisida di bhopal, kebocoran gas metil isosianat dan bahan kimia lainnya memicu bencana lingkungan dan manusia.

Photographer pablo bartolomeus bergegas untuk mendokumentasikan bencana. Dia menemukan seorang pria yang mengubur anak. Adegan ini difoto oleh pablo bartolomeus dan raghu rai, lain wartawan foto terkenal india. "ungkapan ini begitu bergerak dan begitu kuat untuk menceritakan kisah seluruh tragedi", kata raghu rai.

2. Operation Lion Heart (Karya Deanne Fitzmaurice)

Operation Lion Heart (Karya Deanne Fitzmaurice)

Pemenang hadiah penghargaan pulitzer wartawan foto deanne fitzmaurice memenangkan penghargaan yang sangat dihormati pada tahun 2005 untuk esai fotografi "operation lion heart."

"operasi lion heart" adalah kisah seorang anak irak 9 tahun yang sedang terluka parah oleh ledakan pada salah satu dari kebanyakan konflik kekerasan sejarah modern - perang irak. Anak itu dibawa ke sebuah rumah sakit di oakland, ca. Dimana ia harus menjalani puluhan operasi hidup dan mati. Keberanian dan keengganan untuk mati memberinya julukan: Saleh khalaf, "lion heart".

1. Tragedy of Omayra Sanchez (Karya Frank Fourier)



Frank fournier menangkap gambar tragis omayra sanchez terperangkap dalam lumpur dan reruntuhan bangunan. Letusan dari gunung berapi nevado del ruiz di kolombia 1985 memicu tanah longsor yang besar. Hal ini menghancurkan kota dan membunuh 25.000 orang.

Setelah 3 hari berjuang, omayra meninggal akibat hipotermia dan gangren. Kematian tragis nya menonjolkan kegagalan pejabat untuk merespon dengan cepat dan menyelamatkan korban bencana terburuk kolombia yang pernah alami. Frank fournier mengambil foto ini lama sebelum omayra meninggal. Kematian dan penderitaan wanita itu diikuti langsung di televisi oleh ratusan juta orang di seluruh dunia dan mulai kontroversi besar. Semoga jiwanya beristirahat dengan tenang.

Baca juga, 10 Ilusi Foto yang Dapat Menipu Mata Kita

0 comments:

Post a Comment