Mu ren zhuang (boneka kayu kungfu)

Saturday, October 27, 2012

Mu ren zhuang (boneka kayu kungfu)

Mu ren Zhuang (Kanton: Muk Yan Jong) adalah boneka kayu yang digunakan dalam latihan seni bela diri Cina. Hal ini terkait dengan seni bela diri dari Wing Chun dan gaya kung fu lainnya di China Selatan. Tradisional terbuat dari kayu, boneka-boneka sekarang juga dibuat dari modern konstruksi seperti baja dan plastik.


Dalam Wing Chun 
Wing Chun Dummy di sekolah Wing Tsun Wing Chun ini dummy kayu adalah bentuk yang paling populer dummy kayu. Dummy Wing Chun kayu menggunakan konfigurasi lengan dan kaki yang dirancang untuk mengolah keterampilan berkelahi dan chi secara bersamaan.  Hong Kong dummy kayu adalah dinding dipasang versi dari Wing Chun Wooden Dummy yang menggantung menggunakan dua bilah kayu melalui tubuh kayu dummy. Versi yang lebih lama dari Wing Chun dummy kayu pada awalnya ditempatkan di tanah. Desain modern diciptakan oleh Yip Man di Hong Kong untuk memenuhi kebutuhan hidup di sebuah apartemen. Versi Wing Chun dari jong yan MUK memiliki tiga lengan dan satu kaki, yang merupakan tubuh lawan di berbagai posisi dan garis-garis gaya tubuh dapat memberikan. Bilah kayu di mana jong yan MUK sudah terpasang memiliki pegas yang mirip dengan reaksi spontan lawan manusia dan memungkinkan pengguna untuk berlatih menyerap energi ke dalam / nya sikap nya. Karena pegas ini, jenis dummy dianggap sebagai 'hidup' dummy. Oleh karena itu, versi dummy tanpa mounting biasa disebut 'mati' dummy.

Dalam Jeet Kune Do 
Bruce Lee, seorang mahasiswa dari Ip Man juga dibuat dan dimodifikasi Wing chun boneka kayu untuk filsafat seni bela diri dari Jeet Kune Do yang memiliki leher dimodifikasi dan kaki logam. Banyak dari prinsip-prinsip Wing Chun adalah pusat untuk Jeet Kune Do.

Dalam Choy Lee Fut 
Jong Ching Choy Lee Fut's Ching Ching kayu Jong Jong dummy (dummy seimbang) memiliki orientasi yang berbeda dengan lengan yang lebih cocok untuk gerakan lengan Choy Lee Fut style. Dalam versi ini, lengan atas satu, menonjol keluar langsung dari depan, bergerak naik dan turun, berlabuh tradisional dengan tali dan beban berat (asal senama) dan berlabuh dengan pegas ke belakang di zaman modern. Selanjutnya, kedua lengan sekarang tengah menonjol ke luar dalam 'V', dan juga lengan bawah tambahan yang dapat gantikan dengan kaki Wing Chun tradisional dummy's. Selain itu, karung pasir dipasang di bagian depan dan samping, yang dipukul untuk pengkondisian tangan dan jari, mirip dengan makiwara.

Sui Sau Jong 
jong sau The sui (dummy tangan melanggar) memiliki lengan berayun di tingkat bahu, menggantung karung pasir, serta lengan rotor-seperti di atas, terletak di ketinggian kepala. Lengan yang terkoordinasi sehingga mencolok lengan ayun menyebabkan rotasi lengan helikopter, dan sebaliknya. Tujuan utama dari dummy ini adalah untuk melatih reaksi cepat untuk balik.

Ma Jong 
Tidak seperti boneka lainnya, Jong Ma (dummy kuda) adalah dummy bergerak.
Bentuk keseluruhan dummy adalah kuda, dengan tubuh utama log berat membawa dua frame, satu tinggi di depan dan yang pendek di bagian belakang. Setiap frame dipasang dengan palang horisontal yang tegak lurus terhadap log, yang memiliki mekanisme pegas yang terhubung ke roda. Ketika mendorong kembali, biaya dummy kuda ke depan, memaksa para siswa untuk mengontrol boneka melalui sikap yang baik. Selain itu, karena dua lengan horizontal yang saling lengan berputar, ini juga melatih koordinasikan dan kecepatan.

Lain-lain 
dummys lain yang digunakan dalam Choy Lee Fut termasuk bao Qiang Zhuang (墙 包 桩) (dinding A dipasang kantong pasir), sha bao Zhuang (沙包 桩) (Sebuah alat kantong pasir, dengan satu kantong pasir utama yang berat tersambung ke dua kantong pasir lainnya pada sisinya melalui sistem katrol), dan boneka mekanis lainnya

0 comments:

Post a Comment