Tips Menyelamatkan Buku yang Basah

Monday, February 6, 2012

Tips Menyelamatkan Buku yang Basah



Anda tidak sengaja menjatuhkan buku atau dokumen Anda ke dalam air? Jangan khawatir. Berikut ini adalah tips supaya buku yang basah tersebut tidak rusak. Mengeringkan dengan hair dryer memang cara yang paling sering digunakan untuk mengeringkan buku. Tapi tahukah Anda memasukkan buku yang basah ke dalam freezer justru cara yang lebih baik untuk dilakukan?

Mengeringkan buku dan kertas yang basah dengan hair dryer akan menjadikan kertas tersebut keriput-keriput setelah kering. Jika Anda ingin buku basah Anda tidak tambah rusak, maka masukkan ke dalam freezer. Pertama, tiriskan buku yang basah dari air, lalu masukkan ke dalam plastik tapi jangan sampai rapat membungkusnya. Atau Anda juga dapat membungkusnya dengan handuk atau lap yang bersih. Letakkan buku di dalam freezer secara vertikal agar sebisa mungkin buku tidak bersentuhan secara langsung dengan dinding dan dasar freezer.

Freezer akan membantu mengeringkan air yang terserap didalam buku. Diamkan dahulu dan tunggu sampai buku tersebut kering. Usahakan jangan membalik-balikkan lembaran buku yang basah karena hal itu hanya meningkatkan resiko kertas buku menjadi sobek / rusak.

Lois Warme, ahli desain interior mengatakan, “Jika Anda tidak sengaja membasahi buku atau dokumen Anda, maka masukkan ke dalam freezer untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Freezer dapat membantu menstabilkan keadaan buku yang basah sehingga dapat memperkecil kerusakan yang ditimbulkan.” Cara ini juga dapat diterapkan juga pada kertas foto yang basah. Jika suatu saat teman Anda meminta buku yang sedang Anda keringkan di freezer, bilang saja Anda belum selesai membaca semua isinya.

Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment